About Me

My photo
Indonesia
Alamat: Jl. Andi Nohong No.51 , Panreng, Kec. Baranti, Kab. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, Kode Pos 91652. Email : kaharuddin.anwar@gmail.com FB : Kaharuddin Anwar Pin BBM : 53BBE933 atau lewat telpon/sms di: LINE, WHATSAPP, WECHAT (aktif) 082332115544 dan 081342115544

Saturday, May 21, 2011

Pakan Itik


Sumber:  Dody Faizal. By Kaharuddin Anwar
Pakan merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam beternak itik, baik itu beternak itik petelur maupun itik pedaging, dalam hal ini pakan bisa di kategorikan sebagai suatu hal yang mutlak diperhatikan, pemberian maupun formula pakan yang salah dapat berakibat tidak maksimalnya produktifitas itik, bahkan bisa pula berakibat kegagalan dalam beternak.
formula pakan yang tepat serta teknis penyajiannya juga merupakan hal yang sangat mendasar, dalam hal ini pemberian pakan bisa dilakukan 3 kali sehari atau 2 kali sehari (untuk bebek petelur) sedangkan untuk 4 kali sehari atau 5 kali sehari (untuk bebek pedaging), serta teknis penyajiannya juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak air, jadi pakan campuran tersebut di campur sedikit air, sehingga tampilan pakan sedikit basah, tapi tidak seperti bubur.
selain itu pula pakan yang diberikan harus memenuhi standart kebutuhan gizi dan nutrisi, karena nutrisi berperan penting dalam pertumbuhan, kesehatan dan produksi telur. dalam hal ini standart pakan yang baik haruslah memenuhi unsur seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air dalam jumlah yang cukup dan seimbang. misalkan untuk itik petelur yang berumur 26 minggu keatas haruslah memenuhi protein sebesar 18%, sedangkan untuk energi yang bersumber dari karbohidrat haruslah minimal 2900 kkal.

No comments:

Post a Comment